Visi Fakultas

FKIP menjadi pusat pendidikan dan pengembangan IPTEK yang unggul dan berdaya saing nasional dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah pada tahun 2035.

Misi Fakultas

  1. Menyelenggarakan pembelajaran dan pendidikan yang unggul, berdaya saing nasional, dan berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pendidikan dan keguruan yang unggul, berdaya saing nasional, berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
  4. Menyelenggarakan kelembagaan yang efektif secara berkelanjutan untuk mewujudkan visi fakultas berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.

Tujuan Fakultas

  1. Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan yang unggul berdaya saing nasional dan berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
  2. Menghasilkan penelitian untuk mengembangkan ilmu pendidikan dan keguruan yang unggul serta berdaya saing nasional berlandaskan nilai nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
  3. Memberi kontribusi kepada masyarakat dalam bidang pendidikan melalui pengabdian kepada masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
  4. Mewujudkan kelembagaan fakultas yang efektif secara berkelanjutan untuk merealisasikan visi fakultas berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.

Strategi Fakultas

Lulusan sarjana pendidikan yang unggul, berdaya saing nasional, dan berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah:

  • Unggul
  1. Akademik : Peningkatan mutu dosen, peningkatan mutu mahasiswa, peningkatan kualitas proses pembelajaran dan pendidikan, pengembangan dan implementasi kurikulum.
  2. Non Akademik : Peningkatan prestasi non akademik mahasiswa, pendampingan dan pembimbingan HIMA dan organisasi intra maupun ekstra kampus.
  3. Layanan : Peningkatan mutu layanan (profesionalisme karyawan / tenaga kependidikan), peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran, meningkatkan dan melengkapi mutu alat, materi, bahan, dan pelayanan sumber-sumber belajar (learning resource) seperti perpustakaan dan internet/ wifi, Meningkatkan mutu sistem informasi akademik dan non akademik program studi.
  4. Keagamaan : mentoring, tahlil, PHBI, pembiasaan membaca doa dan shalawat khas NU sebelum perkuliahan serta mengucapkan hamdalah setelah selesai perkuliahan, Camp Ke NU an
  5. Membentuk karakteristik berpikir mahasiswa yang mencerminkan tawasuth, I’tidal, tasamuh, tawazun.
  6. Membentuk karakteristik berpikir mahasiswa yang mampu mencintai bangsanya, menghormati sesama umat manusia dan anak bangsa (toleransi).
  7. Membentuk perilaku mahasiswa yang mampu menghormati orang tua, guru, dan orang-orang di sekelilingnya.
  8. Membantu perilaku mahasiswa yang memiliki akhlakul karimah (berbusana, berbicara).
  9. Membentuk perilaku mahasiswa yang bertanggung jawab terhadap kewajiban yang melekat pada dirinya baik menyangkut ibadah maupun pergaulan sehari- hari.
  • Berdaya saing nasional

Peningkatan hard skill (penguasaan Iptek, penambahan mata kuliah TI, dan bahasa asing (bahasa inggris) dan peningkatan soft skill (camp ke Nu-an yang berdasarkan keaswajaan yaitu Tawasuth (Moderat), I’tidal (Tegak Lurus /Adil), Tasamuh (Toleran), Tawazun (Seimbang).

  • Hasil penelitian dosen dan mahasiswa dalam bidang pendidikan dan keguruan yang unggul dan berdaya saing nasional
  1. Unggul: penciptaan budaya akademik yang kondusif, peningkatan jumlah penelitian dosen dan mahasiswa, peningkatan kualitas dan relevansi penelitian dosen.
  2. Berdaya Saing Nasional: peningkatan jumlah hibah penelitian dosen, peningkatan publikasi karya ilmiah dosen, kerjasama penelitian dosen dengan perguruan tinggi lain baik di tingkat lokal maupun nasional.
  • Peningkatan pengabdian kepada masyarakat yang mampu memberi kontribusi dalam pengembangan bidang ilmu pendidikan dan keguruan, serta peningkatan pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan pendidikan
  1. Kontribusi pengembangan ilmu bidang pendidikan dan keguruan : peningkatan jumlah pengabdian kepada masyarakat oleh dosen, melibatkan mahasiswa dalam PkM yang dilakukan oleh dosen.
  2. Peningkatan          pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan pendidikan: penyuluhan dan pembinaan, pendampingan lembaga formal dan non formal.
  3. Publikasi Pengabdian kepada Masyarakat:                Memfasilitasi publikasi PkM dosen dan Mahasiswa.
  • Good governance dalam pengelolaan kelembagaan fakultas untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi: kepemimpinan yang partisipatif, transparansi, akuntabel, responsive, efektif dan efisien.