Visi Fakultas
FKIP menjadi pusat pendidikan dan pengembangan IPTEK yang unggul dan berdaya saing nasional dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah pada tahun 2035.
Misi Fakultas
- Menyelenggarakan pembelajaran dan pendidikan yang unggul, berdaya saing nasional, dan berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
- Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pendidikan dan keguruan yang unggul, berdaya saing nasional, berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
- Menyelenggarakan kelembagaan yang efektif secara berkelanjutan untuk mewujudkan visi fakultas berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
Tujuan Fakultas
- Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan yang unggul berdaya saing nasional dan berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
- Menghasilkan penelitian untuk mengembangkan ilmu pendidikan dan keguruan yang unggul serta berdaya saing nasional berlandaskan nilai nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
- Memberi kontribusi kepada masyarakat dalam bidang pendidikan melalui pengabdian kepada masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
- Mewujudkan kelembagaan fakultas yang efektif secara berkelanjutan untuk merealisasikan visi fakultas berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah.
Strategi Fakultas
Lulusan sarjana pendidikan yang unggul, berdaya saing nasional, dan berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Annahdliyah:
- Unggul
- Akademik : Peningkatan mutu dosen, peningkatan mutu mahasiswa, peningkatan kualitas proses pembelajaran dan pendidikan, pengembangan dan implementasi kurikulum.
- Non Akademik : Peningkatan prestasi non akademik mahasiswa, pendampingan dan pembimbingan HIMA dan organisasi intra maupun ekstra kampus.
- Layanan : Peningkatan mutu layanan (profesionalisme karyawan / tenaga kependidikan), peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran, meningkatkan dan melengkapi mutu alat, materi, bahan, dan pelayanan sumber-sumber belajar (learning resource) seperti perpustakaan dan internet/ wifi, Meningkatkan mutu sistem informasi akademik dan non akademik program studi.
- Keagamaan : mentoring, tahlil, PHBI, pembiasaan membaca doa dan shalawat khas NU sebelum perkuliahan serta mengucapkan hamdalah setelah selesai perkuliahan, Camp Ke NU an
- Membentuk karakteristik berpikir mahasiswa yang mencerminkan tawasuth, I’tidal, tasamuh, tawazun.
- Membentuk karakteristik berpikir mahasiswa yang mampu mencintai bangsanya, menghormati sesama umat manusia dan anak bangsa (toleransi).
- Membentuk perilaku mahasiswa yang mampu menghormati orang tua, guru, dan orang-orang di sekelilingnya.
- Membantu perilaku mahasiswa yang memiliki akhlakul karimah (berbusana, berbicara).
- Membentuk perilaku mahasiswa yang bertanggung jawab terhadap kewajiban yang melekat pada dirinya baik menyangkut ibadah maupun pergaulan sehari- hari.
- Berdaya saing nasional
Peningkatan hard skill (penguasaan Iptek, penambahan mata kuliah TI, dan bahasa asing (bahasa inggris) dan peningkatan soft skill (camp ke Nu-an yang berdasarkan keaswajaan yaitu Tawasuth (Moderat), I’tidal (Tegak Lurus /Adil), Tasamuh (Toleran), Tawazun (Seimbang).
- Hasil penelitian dosen dan mahasiswa dalam bidang pendidikan dan keguruan yang unggul dan berdaya saing nasional
- Unggul: penciptaan budaya akademik yang kondusif, peningkatan jumlah penelitian dosen dan mahasiswa, peningkatan kualitas dan relevansi penelitian dosen.
- Berdaya Saing Nasional: peningkatan jumlah hibah penelitian dosen, peningkatan publikasi karya ilmiah dosen, kerjasama penelitian dosen dengan perguruan tinggi lain baik di tingkat lokal maupun nasional.
- Peningkatan pengabdian kepada masyarakat yang mampu memberi kontribusi dalam pengembangan bidang ilmu pendidikan dan keguruan, serta peningkatan pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan pendidikan
- Kontribusi pengembangan ilmu bidang pendidikan dan keguruan : peningkatan jumlah pengabdian kepada masyarakat oleh dosen, melibatkan mahasiswa dalam PkM yang dilakukan oleh dosen.
- Peningkatan pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan pendidikan: penyuluhan dan pembinaan, pendampingan lembaga formal dan non formal.
- Publikasi Pengabdian kepada Masyarakat: Memfasilitasi publikasi PkM dosen dan Mahasiswa.
- Good governance dalam pengelolaan kelembagaan fakultas untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi: kepemimpinan yang partisipatif, transparansi, akuntabel, responsive, efektif dan efisien.